Global Warming : Bukan Sekedar Teori!

Pernakah Anda mendengar Global Warming atau Pemanasan Global? Tahukah Anda apa artinya itu? Dampak apa saja sih yang dapat ditimbulkan dari Global Warming? Yuk, kita gali lebih jauh…!

Global Warming atau pemanasan global merupakan suatu fenomena alam yang disebabkan karena semakin menipis dan berlubangnya lapisan atmosfer bumi kita. Semakin tipis atau berlubangnya lapisan atmosfer itu menyebabkan radiasi sinar matahari atau sinar ultraviolet yang berasal dari matahari tidak dapat ditahan oleh lapisan atmosfer kita.

Dampak-dampak yang dapat ditimbulkan dari Global Warming antara lain:
1.Meningkatnya (secara drastis) temperatur udara serta perubahan iklim yang ekstrim.
Pada negara-negara yang beriklim tropis, hal ini akan sangat terasa. Cuaca menjadi semakin panas dan perubahan iklim yang terjadi menjadi sangat ekstrim.
2.Sumber Daya Air
Meningkatnya temperatur menyebabkan es di kutub mencair. Sebaliknya, daerah-daerah yang dulunya kaya akan air (terutama Indonesia) semakin mengalami kekeringan. Selain itu, kualitas air juga semakin menurun akibat tingginya temperatur udara.
3.Kualitas Udara
Kualitas udara akibat semakin meningkatnya polusi atau pencemaran yang bersumber pada penggunaan energi fosil (gas alam, minyak bumi, termasuk BBM) dan asap rokok.
4.Kesehatan
Oleh karena buruknya kualitas air dan udara, maka secara langsung hal tersebut sangat mempengaruhi kesehatan. Penyakit saluran pernafasan, ginjal, kolera, sampai otak dan sistem saraf tak jarang berawal dari buruknya kualitas udara dan air yang dikonsumsi.
5.Ekosistem dan keragaman biologis
Fenomena alam seperti meningkatnya temperatur, buruknya kualitas udara, air, dan tanah dapat merusak keseimbangan ekosistem dan ‘memusnahkan’ beberapa jenis makhluk hidup yang tidak dapat bertahan hidup. Populasi beruang kutub (polar bear) semakin terancam dengan adanya global warming ini, karena ‘rumah’ mereka yang adalah es semakin mencair.

Kita dapat bersama-sama memerangi global warming. Sebagai generasi penerus dunia ini, tidakkah kita menginginkan kehidupan yang lebih baik? Kita dapat melakukan hal-hal sederhana untuk keselamatan dunia ini dan kita semua sang penghuninya, antara lain:
1.Kurangi frekwensi penggunaan kendaraan bermotor
Asap kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak merupakan salah satu penyumbang tertinggi terjadinya global warming. Bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor yang knalpotnya sering ‘batuk-batuk’ alias mengeluarkan asap dalam jumlah banyak dan berwarna, mulai hari ini cobalah untuk menyisihkan uang untuk men-servis-kan kendaraanmu secara teratur. Selain menjadi penyumbang terjadinya global warming, asap ‘kotor’ itu juga merugikan para pejalan kaki.
2.Hemat air
Seringkali kita tidak peduli pada lingkungan sekitar kita. Dari hal-hal sederhana sebenarnya kita dapat menjadi seseorang yang berguna. Misalnya : Menutup kran air rapat-rapat bila sudah tidak digunakan.
3.Hemat listrik
Yaitu dengan mengurangi penggunaan energi yang sudah tidak diperlukan lagi. Misalnya : Mematikan lampu pada siang hari, mematikan komputer jika tidak digunakan lagi, dll.
4.Banyak-banyaklah menanam pohon
Pohon atau tanaman sangat berperan penting dalam menciptakan terutama air dan udara yang bersih. Pohon memiliki fungsi penting dalam penyimpanan cadangan air tanah, sedangkan melalui proses fotosintesis, tanaman mampu mengubah gas karbondioksida (CO2) menjadi oksigen(O2).
5.Gunakan barang-barang daur ulang
Misalnya kertas daur ulang, bingkai foto daur ulang, dan lain-lain.

Sudah saatnya kita bergerak melawan global warming! Fenomena ini benar-benar akan menjadi semakin buruk bila kita hanya menjadikannya sebagai tontonan. Tak dapat dibayangkan betapa mengerikannya dampak yang ditimbulkan dari global warming. Bisakah Anda membayangkan bila es kutub akan mencair dan air itu akan membanjiri bumi kita menjadi lautan raksasa? Kenapa tidak? Bila es kutub akan mencair, maka dunia ini mungkin akan musnah bersama-sama dengan isinya. Mungkin itulah yang kita sebut dengan kiamat.

Kita dapat menyelamatkan dunia ini dengan segala keindahan yang sampai sekarang masih dapat kita nikmati.

Andakah orangnya?

Published in: on May 5, 2009 at 2:48 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://sampinggubug.wordpress.com/2009/05/05/global-warming-bukan-sekedar-teori/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: